Skip to main content

Philosofi Zakat Dalam Islam

Zakat jika dilihat dari logatnya berarti suci dan subur. Dari istilah syara' adalah mengeluarkan sebagian harta benda atas perintah dari Allah SWT sebagai kewajiban kepada mereka yang telah berhak berdasarkan syarat-syarat yang sudah ditentukan dalam hukum Islam.

Zakat terbagi atas dua bagian penting yaitu Zakat Mal dan Zakat Fitrah.



Philosofi Zakat Dalam Islam. Poto oleh: thehumblei.com

Hukum Mengeluarkan Zakat.


Di dalam Islam hukum mengeluarkan zakat untuk setiap muslim adalah wajib bagi mereka yang mempunyai harta benda menurut ketentuan yang telah ditetapkan dalam Hukum Islam. Jika orang yang ingkar dengan ketetapan zakat ini maka dirinya dihukum sebagai kafir.

Didalam Al-Quran sudah ditetapkan setiap muslim diwajibkan mengeluarkan zakat. Berikut dalil yang menjelaskan betapa pentingnya zakat untuk dilakukan dan disuruh oleh Allah SWT.

1. QS Al-Bayyinah 98:5



وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ - 98:5

Artinya:

Dan tiada diperintahkan kepada mereka melainkan menyembah Allah, sambil ikhlas ibadah dan ta'at kepadaNya serta berlaku cenderung kepada ibadah tersebut, mendirikan shalat dan memberikan zakat. Itulah agama yang benar.

2. QS Al-Baqarah 2:43



وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ - 2:43


Artinya:

Dan dirikanlah olehmu shalat dan keluarkan zakat. Tunduklah bersama-sama orang yang tunduk

3. QS At-Taubah 9:5


فَإِذَا انسَلَخَ الْأَشْهُرُ الْحُرُمُ فَاقْتُلُوا الْمُشْرِكِينَ حَيْثُ وَجَدتُّمُوهُمْ وَخُذُوهُمْ وَاحْصُرُوهُمْ وَاقْعُدُوا لَهُمْ كُلَّ مَرْصَدٍ ۚ فَإِن تَابُوا وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ فَخَلُّوا سَبِيلَهُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ - 9:5

Artinya:

..... "Maka apabila mereka telah taubat dan tetap mengerjakan shalat dan membayar zakat. Biarkanlah mereka merdeka dijalan mereka".....


Setelah kita mengetahui sebagian dalil yang ada didalam Al-Quran maka kita muslim harus melaksanakannya dengan baik dan benar. Allah SWT telah memerintahkan kepada manusia muslim untuk memperhatikan kewajiban ini untuk bisa dilaksanakan dimulai dari lingkungan sendiri. Semoga tulisan ini dapat membantu kepada muslimin lainnya yang mencari sebagian dalil dal Al-Quran bahwa inilah philosofi zakat dalam Islam untuk membantu golongan atau kelompok yang perlu dibantu.



Referensi: Ilmu Fiqih Islam Lengkap oleh: Drs. Moh. Rifai. Penerbit CV. Toha Putra Semarang.

Comments

Popular posts from this blog

Sudah Tahu Siapa 8 Kelompok yang Berhak Menerima Zakat, Mari Kita Bahas

Zakat merupakan perintah dari Allah SWT yang harus dikerjakan. Tentu berbeda dengan sedekah yang dikeluarkan untuk memberikan sedikit sisihan harta untuk berbagai tujuan seperti sedekah untuk mesjid, anak yatim, dsb. Ada beberapa kelompok yang berhak menerima zakat yang sudah di firmankan oleh Allah SWT di dalam Al-Quran dimana penjelasan ini sudah baku dan harus dilaksanakan.  Pengertian Zakat. Zakat adalah sejumlah harta tertentu yang harus dikeluarkan jika sudah sampai nisab nya oleh orang yang beragama islam kepada kelompok-kelompok yang telah ditetapkan oleh Allah SWT serta memenuhi syarat-syarat.